PENGARUH BRAND AMBASSADOR EXO TERHADAP BRAND IMAGE SCARLETT PADA KALANGAN PENGGEMAR EXO (EXO-L) DI JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.51792/justice.v3i2.82Keywords:
Brand Ambassador, Brand Image, Scarlett WhiteningAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand ambassador terhadap brand image Scarlett Whitening. Brand ambassador merupakan seseorang yang memiliki peran besar dan dapat dipercaya untuk mewakili produk tertentu, salah satunya dalam membentuk citra positif mengenai suatu produk. Banyaknya cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan citra positif suatu produk sehingga dikenal baik oleh khalayak. Pemilihan brand ambassador juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu dengan mengikuti trend saat ini. Saat ini trend Korean Wave sedang booming atau banyak diikuti di berbagai negara secara global, salah satunya di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh brand ambassador terhadap brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Brand Ambassador EXO berpengaruh terhadap brand image produk scarlett whitening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 orang responden dengan kriteria tertentu yaitu Penggemar (EXO-L) yang mengetahui EXO sebagai Brand Ambassador Scarlett dan merupakan konsumen Produk Scarlett setelah EXO menjadi brand ambassasor produk tersebut (usia 16-25 tahun). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara brand ambassador terhadap brand image.